IKLAN 728 x 90

Habib Abdullah bin Husein bin Thahir Bagian Kedua

Wali Yang Mengguncang Gunung

          Pada posting yang lalu dikisahkan bahwa Habib Abdullah bersama saudaranya yaitu Habib Thahir menghadiri suatu majelis di masjid Muhdor di kota Tarim dan bertemu dengan seorang lelaki yang berprofesi sebagai makelar. Untuk selengkapnya dapat di baca pada posting sebelumnya.
     Habib Abdullah bin Husein bin Thahir berkata, "Sesungguhnya ucapan ini melecut diriku hingga aku menjadi seperti ini ( ulama )."

Masa Kecil Habib Abdullah bin Husein bin Thohir.

            Habib Abdullah lahir pada tahun 1191 Hijriyah dan masa kecilnya giat menuntut ilmu  dan bermujahadah. Bersama kakaknya, Habib Thohir, beliau ingin mencapai derajat tinggi seperti datuk-datuk mereka. Beliau menimba ilmu dari sederetan ulama besar di Hadromaut, Mekkah dan Madinah. Di antara gurunya di Hadromaut adalah Habib Hamid bin Umar Ba 'Alawi, Habib Abdurrahman bin Alwi Maulabutaiha, Habib Muhammad bin Umar bin Sahal, Habib Abu Bakar bin Abdullah Al Hinduan, Habib Alwi bin Ahmad Al Haddad, dan Habib Umar bin Segaf As Segaf. Dan di Mekkah beliau berguru kepada Syech Umar bin Abdurrasul Al Attar dan Habib Ali Al Baiti. Sementara di Madinah beliau belajar kepada Habib Ahmad bin Alwi Jamalullail.
        Dengan kemauan yang kuat dan kecerdasan yang luar biasa, pada akhirnya beliau menjadi ulama besar dan wali qutub di masanya. Belakangan beliau mengajar dan berdakwah di kota Masileh. Bersama kakaknya, Habib Thohir, beliau menjadikan Masileh sebagai kota pusat ilmu. Bahkan di masa mereka berdua, para ulama menjuluki Masileh sebagai Surga Dunia. Dalam suatu majelis, Habib Abdullah bin Husein bin Thahir pernah berkata kepada murid-muridnya, " sesungguhnya apabila lelaki di hadapan kalian berkata kepada gunung 'berguncanglah!' Maka gunung akan berguncang." Belum selesai Habib Abdullah bin Husein mengucapkan kalimat itu, maka gunung terdekat pun berguncang. Agaknya yang di maksud beliau adalah dirinya sendiri.

Insya Allah akan berlanjut pada bagian ketiga.

Maqom Al Habib Abdullah bin Husein bin Thohir

           

Find us on Facebook

Powered by Blogger.